Kota Bengkulu

World Kidney Day, IPDI Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Ginjal

BETVNEWS – Dalam rangka memperingati hari jadi PPNI ke 45 tahun serta peringatan Hari Ginjal Sedunia tahun 2019, DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Bengkulu bersama Ikatan Perawat Dialisis Indonesia (IPDI) Provinsi Bengkulu Minggu (17/3) pagi menggelar senam sehat di kawasan Pantai Panjang.

Tak hanya mengadakan senam sehat bersama, PPNI dan IPDI juga menggelar kegiatan sosial lainnya seperti pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dll yang dilakukan atas kerjasama dengan sejumlah pihak.

Dengan diperingatinya Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day yang biasanya diperingati hari Kamis di minggu kedua bulan Maret ini, Ketua IPDI Provinsi Bengkulu Arrayan mengajak masyarakat Bengkulu untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat, dikarenakan berdasarkan data yang ada penderita gagal ginjal mencapai 40 orang setiap bulannya.

“Faktor paling tinggi resiko gagal ginjal adalah diabetes dan hipertensi, mari kita budayakan hidup sehat dengan mengendalikan gula darah, kendalikan hipertensi dan jaga budaya hidup sehat, karena berdasarkan data jumlah penderita gagal ginjal di Bengkulu bertambah 40 orang setiap bulannya,” ajak Arrayan.

Sementara itu, dengan diperingatinya hari jadi PPNI ke 45 tahun, Ketua DPD PPNI Kota Bengkulu Ns. Padli mengungkapkan kesejahteraan perawat saat ini tergolong di bawah standar, dimana masih ada perawat yang bekerja secara sukarela dan ada juga perawat yang penghasilannya di bawah UMK dan UMP, Ia pun berharap Pemerintah dapat memperhatikan hal ini karena tugas perawat cukup vital dalam dunia kesehatan.

“Kami merasa Kesejahteraan perawat saat ini masih jauh dari cukup, karena banyaknya perawat yang tidak digaji sesuai dengan UMK maupun UMP, untuk itu kami mendorong adanya kesetaraan gaji sesuai dengan UMK ataupun UMP agat para perawat bisa bekerja ssmakin maksimal,” ujar Ns. Padli.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *