Kota Bengkulu

Wawali Temukan Indikasi Pungli di Dinas Dukcapil

BETVNEWS – Terus berbenah dari berbagai aspek, itulah yang dilakukan pemerintahan Helmi-Dedy dalam 100 hari kerja pertamanya ini. Bahkan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengklaim sudah mengecek langsung pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, hasilnya Wawali menemukan adanya indikasi pungli yang dilakukan oleh oknum di luar sistem di Dinas Dukcapil, yang menjadi calo.

Menurut Wawali hal itu juga telah diakui langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu. Menanggapi temuan itu, pemkot pun memberikan waktu satu minggu bagi pihak Dukcapil untuk berbenah.

“Kepala Dinas Dukcapil juga sudah mengakui adanya indikasi itu, tapi calo yang bermain itu bukan ASN dan juga bukan honorer, namun tetap saja kita minta pihak dukcapil menuntaskan hal itu dalam waktu satu minggu,” terang Dedy.

Wawali menambahkan, Pemerintah Kota Bengkulu akan menyiapkan sanksi bagi Kepala Dinas Dukcapil beserta perangkatnya jika sampai waktu yang sudah ditentukan ternyata tidak bisa menuntaskan permasalahan itu.

Kendati sanksi terhadap dukcapil harus atas izin dari kementerian dalam negeri, pemkot pun tak segan-segan untuk menyurati kemendagri dan dirjen dukcapil untuk memberikan sanksi tersebut jika dalam satu minggu permasalahan ini tak selesai.

“Tentu ada sanksinya kalau permasalahan ini tak selesai dalam waktu seminggu, walaupun sanksi ke Dukcapil harus atas izin kemendagri kita akan kirimkan surat, tapi semoga saja permasalahan ini bisa diselesaikan denganbaik dan cepat,” tandas Wawali.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *