Bengkulu tengah

Warga Pondok Kelapa Rayakan Lebaran Ketupat

BETVNEWS,- Warga dusun Pekalongan desa Panca Mukti kecamatan Pondok Kelapa kabupaten Bengkulu Tengah, menyelenggarakan lebaran ketupat. Kegiatan yang berlangsung di musholah Al-Hikmah ini  berlangsung dengan hikmat pada Rabu (12/6) pagi.

Budaya ini digelar setiap tahun seusai idul fitri  atau 7 hari setelah lebaran ini disambut antusias warga yang  berbondong-bondong memenuhi musholah dan membawa ketupat untuk disantap bersama-sama usai menggelar doa bersama.

“Lebaran ketupat ini digelar guna mensyukuri berakhirnya bulan puasa dan hari raya idul putri dan serta menjalin, silahturahmi antara warga desa. Setiap tahunnya digelar seusai lebaran atau 7 hari setelah lebaran,” jelas Mifitul Umam, Imam masjid desa Panca Mukti.

Budaya yang mempererat silahturahmi ini, tetap akan dilestarikan dab dapat dijadikan aset budaya kearipan lokal bagi kabupaten Bengkulu Tengah.

“Kita harapkan budaya lebaran ketupat ini dijadikan aset budaya kearipan lokal. Karena sudah berlangsung dari nenek moyang terdahulu,” tambah Kades Panca Mukti, Randi.

Masyarakat pun berharap, adanya perhatian dari Dinas Pariwisata untuk dapat memgembangkan dan mempromosikan budaya lebaran ketupat ini, sehingga dapat dikenal masyarakat luas dan menjadi salah satu tujuan wisata budaya.

(Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *