Bengkulu tengah

Warga Panca Mukti Lestarikan Tradisi Syukuran 10 Muharram

BETVNEWS,- Memperingati tahun baru islam 1441 Hijriah, Pemerintah Desa menggelar acara syukuran atau yang biasa disebut tradisi syuran. Acara yang diikuti oleh seluruh warga desa Panca Mukti tersebut digelar di aula kantor Desa Panca Mukti, Rabu (11/5) pagi.

Berbagai kegiatan digelar pada kesempatan tersebut. Dimulai dari doa bersama, istiqhosah, ceramah agama serta pemotongan tumpeng yang dilanjutkan dengan makan bersama.

Kepala Desa (Kades) Panca Mukti, Randi mengatakan, tradisi syuran memang sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Kegiatan sosial seperti ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk mengingat kembali cikal bakal terbentuknya masyarakat di Desa Panca Mukti.

“Warga Desa Panca Mukti berasal dari warga transmigrasi dari 5 daerah di Pulau Jawa,” ungkap Randi.

Lebih lanjut, Randi menyampaikan, tradisi syuran diharapkan mampu menjadi wadah berkumpul masyarakat ditengah kesibukan masing-masing. Ada yang berprofesi sebagai PNS, karyawan swasta ataupun petani.

“Pada kesempatan ini, semua warga hadir dan saling bertatap muka. Sehingga, rasa kekeluargaan dan keakraban tetap terjalin antar warga,” tambah Randi.

Disisi lain, Randi berharap agar kegiatan relegius yang dikolaborasikan dengan kebudayaan ini bisa menjadikan masyarakat lebih mengingat sang pencipta, yaitu Allah SWT.

“Semoga warga Desa Panca Mukti selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah,” pungkas Randi.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) yang menyempatkan diri hadir dalam acara tersebut memberikan apresiasi terhadap apa yang dihelat Pemdes Panca Mukti.
Wabup berharap agar kegiatan serupa terus dilaksanakan setiap tahun.

“Kegiatan seperti ini sangat bagus. Harapannya, semoga bisa dicontoh desa lain,” harapan Wabup.

Dari Pantauan acara syuran juga juga menjadi momentum untuk berbagi. Sebanyak anak yatim yang berasal dari keluarga kurang mampu diberikan santunan

(Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *