Kota Bengkulu, Pemerintahan

Walikota Minta Tata Kelola Arsip Daerah Diperbaiki

BETVNEWS – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu Rabu (11/9) pagi menggelar kegiatan pendampingan dan penyerahan E-Arsip dengan aplikasi Sistem Informatika Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional Republik Indonesia. Acara ini dibuka langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Helmi Hasan berharap, dengan adanya kegiatan ini tata kelola arsip daerah dapat semakin membaik, sehingga tak ada lagi permasalahan di kemudian hari. Ia juga berharap tata kelola arsip ini sejalan dengan penataan aset.

“Ini merupakan solusi bagi Pemerintah terkait dengan dokumen-dokumen milik pemerintah yang harus diperkuat nantinya, yang harusnya dibenahi kita benahi agar terhindar dari permasalahan hukum di kemudian hari. Saya minta hal ini sejalan dengan penertiban aset untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik,” jelas Helmi Hasan.

Sementara itu, tujuan kegiatan ini ialah untuk melakukan pembinaan kearsipan dan inovasi, demi meningkatkan wawasan bagi para pengelola arsip, khususnya dalam mengelola arsip dinamis. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dan pengetahuan aparatur di bidang kearsipan dalam rangka keseragaman dan pemahaman tentang SIKD. Setiap OPD pun diharapkan bisa bekerja sama dalam kepedulian terhadap arti penting arsip. Sebagai pilar akuntabilitas dalam menuju serta mewujudkan tata pemerintahan yang amanah atau good government.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *