Kota Bengkulu

Tunggakan Pelanggan PDAM Mencengangkan

Direktur PDAM Kota Bengkulu Sjobirin Hasan.

BETVNEWS,- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kota Bengkulu diam-diam menyimpan permasalahan yang tak terselesaikan sejak 10 tahun terakhir. Masalah yang dimaksud ialah mengenai tunggakan dari pelanggannya yang mencapai angka Rp. 10 miliar.

Direktur PDAM Kota Bengkulu Sjobirin Hasan mengklaim, tunggakan tersebut sudah berulang kali dicoba untuk diselesaikan oleh pihaknya, namun ia menganggap pelanggan yang bersangkutanlah yang kerap menghambat pelunasan tunggakan tersebut.

Sjobirin juga menambahkan, salah satu pelanggan ternyata sudah menunggak retribusi pembayaran jasa pdam selama 110 bulan atau hampir 10 tahun.

“Masalah tunggakan memang sudah bertahun-tahun melilit PDAM Kota Bengkulu, untuk totalnya terus berkurang setiap tahunnya, dan tahun ini berkisar Rp 10 M, bahkan ada pelanggan yang menunggak 110 bulan,” ungkap Sjobirin.

Sejauh ini, pihak PDAM kerap kali menemukan masalah dalam hal penagihan tunggakan, namun sistem penagihan yang dilakukan masih dalam bentuk yang ringan, dimana para pelanggan diberikan pilihan apakah ingin menyelesaikan tunggakan secara langsung atau justru dengan sistem menyicil.

Namun jika ditemukan pelanggan yang tidak ingin atau tidak sanggup menyelesaikan tunggakan, maka pihak PDAM langsung memberlakukan pencabutan saluran. Sjobirin sendiri mengklaim telah mencabut ribuan saluran PDAM ke rumah warga Kota Bengkulu dikarenakan hal tersebut.

“Untuk tahun lalu sekitar 2.000 sambungan yang kita putus, tahun ini belum kita kalkulasikan, semoga jumlah penunggak bisa terus berkurang,” tandasnya.

(Yudha Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *