Kota Bengkulu

Tradisi Jelang Ramadhan, Masyarakat Muslim Ziarah ke Makam

BETVNEWS – Menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat Muslim di Tanah Air, menjelang memasuki bulan Suci Ramadhan, masyarakat muslim berziarah ke makam orang tua atau kerabat yang telah tiada.

Termasuk di Kota Bengkulu, sebagian masyarakat mempercayai bahwa saat memasuki bulan Suci Ramadhan nanti, roh atau arwah orang tua serta kerabat mereka yang telah tiada akan kembali ke rumah mereka, karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang baik.

Dikatakan Riskan Muhidin, Perawat Makam di lingkungan Makam Pangeran Sentot Alibasyah Kota Bengkulu, sudah sejak Jum’at kemarin banyak peziarah berdatangan.

“Disini sudah ramai sejak Jum’at kemarin, tapi tadi malam (Sabtu malam, 10/4/2021) jadi puncak ramainya, karena cukup padat, bahkan ada pejabat juga yang datang berziarah,” Katanya.

Sementara salah satu peziarah di makam yang ada di Pemekaman Sentot Alibasyah, Jumadil, yang datang berziarah bersama istri dan anak sematawayangnya ke makam sang kakak untuk mendo’akannya.

“Kita kesini untuk berziarah ke makam kakak saya, ya ini memang sudah menjadi tradisi kami sebelum masuk puasa, lebaran pun kami juga akan berziarah kembali, untuk mendo’akan,” Tukasnya.

Nadia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *