Lebong, Pemerintahan

Tahun Depan, Lebong Miliki Jalan Negara

BETVNEWS – Jika tidak ada aral melintang, tahun 2019 mendatang jalan Provinsi di Kabupaten Lebong akan naik statusnya menjadi jalan negara. Mulai dari jalan lintas Lebong-Rejang Lebong dan Lebong-Bengkulu Utara dengan panjang 148 kilometer. Persisnya mulai dari segmen Kerkap-Padang Jaya (Bengkulu Utara) menuju Lebong Atas-Muara Aman serta segmen Muara Aman-Tes. Selanjutnya Tes-Rimbo Pengadang dan Rimbo Pengadang-Curup.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si menjelaskan peralihan status jalan itu sudah disampaikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Sudah disetujui, tinggal implementasi. Program peningkatan status jalan itu program lima tahun sekali,” kata Eddy.

Sebagai persiapan, Dinas PUPR Provinsi Bengkulu akan meningkatkan hotmix jalan provinsi di Kabupaten Lebong. Mulai dari Rimbo Pengadang-Tes-Muara Aman-Atas Tebing. Peningkatan jalan itu masuk pemeliharaan rutin Bidang Bina Marga, Dinas PUPR Provinsi Bengkulu tahun 2019.

“Kalau statusnya sudah beralih menjadi jalan negara, untuk pemeliharaan menjadi tanggungjawab BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, red) III Sumbar-Bengkulu,” tambah Eddy.

Pemkab Lebong sendiri sudah membantu Pemprov Bengkulu dengan melakukan pelebaran ruas jalan provinsi yang ada di wilayah Kabupaten Lebong. Mulai dari segmen Muara Aman-Atas Tebing hingga Muara Aman-Tes. Tahun 2019 akan kembali dilanjutkan untuk segmen Tes-Rimbo Pengadang yang dananya akan dianggarkan melalui APBD Kabupaten Lebong 2019.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong, Agus Ferdinand, ST mengaku akan mengusulkan anggaran dana untuk kegiatan pelebaran jalan segmen Tes-Rimbo Pengadang dalam perumusan RAPBD 2019. Namun untuk nilainya masih dalam pembahasan.

“Intinya kami dari Dinas PUPRHub Kabupaten Lebong sangat mendukung peningkatan status jalan provinsi yang ada di Lebong menjadi jalan nasional,” singkatnya.

(D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *