Pemerintahan, Seluma

Tahun Depan, Dana Desa Dipangkas Rp 5,8 Miliar

Marah Halim Kepala BPKD Seluma.

BETVNEWS – Pemerintah pusat dipastikan akan memangkas anggaran dana desa pada tahun 2022 mendatang sebesar Rp. 5,8 milliar. Hal ini dilakukan untuk mendukung langkah pemulihan ekonomi sejalan dengan prioritas nasional.

“Karena untuk tahun depan pemerintah pusat akan fokus dalam penanganan Covid 19, maka akan ada penurunan transfer dana pusat untuk dana desa. Dimana untuk Kabupaten Seluma sendiri, akan mengalami penurunan Rp 5,8 miliar,” ungkap Marah Halim Kepala BPKD Seluma.

Namun demikian, untuk Alokasi Dana Desa (ADD) dipastikan tidak akan mengalami penurunan seperti halnya Dana Desa. Karena untuk transfer Dana Alokasi Umum (DAU) yang akan diterima oleh pemerintah Kabupaten Seluma, mengalami kenaikan.

“Kalau untuk ADD dipastikan tidak akan berkurang, ini lantaran untuk DAU Seluma mengalami kenaikan sekitar Rp 400 juta,” imbuhnya.

Lanjut Marah Halim, bahwa untuk pembagian dana desa tersebut nantinya akan disesuaikan berdasarkan pembagian yang ada pada tahun sebelumnya. Seperti ada beberapa desa yang diprioritaskan akan tetap mendapatkan porsi yang lebih besar.

“Kalau untuk pembagian tidak akan ada perubahan. Namun memang nantinya ada beberapa desa prioritas, seperti desa yang selalu tepat waktu dalam menyampaikan pelaporan, serta desa-desa yang kemudian jumlah penduduknya lebih banyak,” tutupnya.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *