Bengkulu Selatan

SPIP dan PK APIP Bengkulu Selatan Ditarget Naik ke Level 3

BETVNEWS,- Inspektur Inspektorat kabupaten Bengkulu Selatan Hj. Diah Winarsih,S.H., menargetkan tahun 2019 ini, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (PK APIP) naik level. Hal tersebut sebagai wujud peningkatan pelayanan di lingkungan pemda kabupaten Bengkulu Selatan. Diketahui selama ini nilai SPIP dan PK APIP Bengkulu Selatan berada pada level 2,8. Sehingga diharapkan pada akhir tahun ini dapat meningkat agar target tersebut tercapai.

“Tahun ini kami menargetkan SPIP dan PK APIP naik ke level 3,” ujar Diah Winarsih.

Untuk meningkatkan level tersebut, Diah meminta semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemda Bengkulu Selatan berbenah, sehingga APIP semakin meningkat dalam kemampuannya mengidentifikasi dan menganalisa risiko pada penyelenggaraan pemerintahan.

Peningkatan SPIP sendiri dalam hal penyusunan pedoman teknis penyelenggaraan, sosialisasi, pendidikan, pelatihan, pembimbingan, dan konsultasi serta meningkatkan kompetensi auditor APIP.

“Perlu adanya peningkatan pemahaman tentang SPIP oleh APIP agar mampu meminimalisasi risiko yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan, agar tidak tersandung masalah hukum,” tambah Diah.

Saat ini OPD yang menjadi sampel penilaian ada 15 OPD, yakni Setda, BPKAD, BKPSDM,DPMPTSP, Disperindagkop dan UKM, Distan, Dinsos, Setwan, Bappeda dan Litbang, PUPR, DPMD, Dukcapil, Dinkes serta Inspektorat.

“Kami harap semua OPD dapat berbenah, sebab pada minggu ke-3 November 2019 ini ada penilaian dari BPK RI. Kita benar-benar berharap level 3 bisa diraih,” tutupnya.

(Awan Bace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *