Pemerintahan, Seluma

Seluma Akan Replanting 626 Hektar Kebun Kelapa Sawit

BETVNEWS – Sebanyak sembilan kelompok tani di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Ilir Talo, Kecamatan Talo Kecil, Kecamatan Semidang Alas, dan Kecamatan Air Periukan, saat ini telah memasukan proposal kepada Dinas Pertanian Seluma, dimana dari sembilan kelompok tersebut masih ada dua kelompok yang belum dilakukan verifikasi berkas.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Seluma Arian Sosial mengatakan, bahwa dari sembilan kelompok tersebut terdiri dari 626 hektar Kelapa Sawit yang akan dilakukan replanting. Selain itu dari sembilan kelompok tersebut terdiri dari 360 orang petani.

“Kalau untuk luasnya 626 hektar, dengan jumlah keseluruhan anggota kelompok tani sebanyak 360 orang petani, namun masih ada dua kelompok yang belum dilakukan verifikasi berkas,” sampai Arian Sosial, Rabu (19/2).

Sementara itu, kelompok tani tersebut, harus melewati tahapan verifikasi, dengan dimulai verifikasi tingkat Kabupaten. Setelah lulus ditingkat Kabupaten, akan dilanjutkan ke Provinsi dan setelah itu langsung ke Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, setelah dianggap lengkap akan dilakukan penandatanganan oleh tiga pihak.

“Untuk verifikasi tersebut ada tahapannya, nanti akan dimulai dari Kabupaten, hingga ke Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian sampai dengan penandatanganan ketiga pihak,” lanjutnya.

Disisi lain, ada dua kelompok tani yang sudah terverifikasi ke Dirjen Perkebunan, yaitu Kelompok Tani Sumber Rezeki (Ilir Talo) dan Kelompok Tani Sinar Emas (Semidang Alas). Dan tinggal menunggu proses penandatanganan bersama tiga pihak.

“Untuk dua kelompok tani yang sudah terverifikasi hingga Dirjen, kita tinggal menunggu penandatangan dari kelompok tani, Kepala Dinas Pertanian, dan Dirjen Perkebunan Menteri Pertanian,” lanjutnya.

Sedangkan untuk satu hektar lahan, nantinya akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 25 Juta. Sedangkan untuk kuota Kabupaten Seluma seluas 2.500 Hektar.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *