Ekonomi Bisnis, Kepahiang

Rumah Kreatif BUMN Kepahiang Beri Pembinaan Pelaku UMKM

BETVNEWS,- Rumah Kreatif BUMN (RKB) Kepahiang milik PT PLN, Rabu pagi (11/12) memberikan pelatihan pengenalan bisnis online e-commerce kepada 50 perwakilan pelaku UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng perusahaan swasta Shopee, yang bergerak dalam bidang penjualan produk secara online sebagai mitra penjualan produk rumah tangga UMKM.

PT. PLN (Persero) merupakan salah satu BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk mengelola dan membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas dan kapabilitas bagi Pelaku UMKM hingga dapat “naik kelas” dan masuk ke “bisnis-online”.

Dan salah satu wilayah yang menjadi binaan PT. PLN (Persero) adalah Rumah Kreatif BUMN-PLN Kepahiang. RKB Kepahiang ini merupakan salah satu program Corporate social responsibility (CSR) dari PT. PLN (S2JB).

“Ini merupakan kegiatan rutin kita setiap tahun, bentuk CSR PLN ke masrayarkat Kepahiang bekerjasama dengan pihak rumah kreatif BUMN,” ungkap Redho Hermawan, Manajer ULP Kepahiang.

Rumah kreatif BUMN tidak hanya melakukan pembinaan di kabupaten Kepahiang saja, melainkan juga dilakukan pada kabupaten kota lainnya yang tentunya memiliki produk unggulan. Selain produk unggulan, juga terdapat produk kreatif rumah tangga yang dapat dipasarkan dan dapat membantu perekonomian.

“Fokus kita sebagai rumah kreatif BUMN untuk mengembangkan produk UMKM atau produk rumah tangga dalam rangka peningkatan perekonomian. Mengingat kopi merupakan produk unggulan kabupaten Kepahiang, inilah yang harus dikembangkan bagi pelaku UMKM,” ujar Rahmad Sopian, Kepala PKPU Human Initiative Cabang Bengkulu selaku pengelola RKB Kepahiang.

Selain itu, produk yang diolah bukan hanya kopi melainkan produk rumah tangga yang berbahan dasar buah-buahan dan umbi-umbian yang dapat dipasarkan.

(Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *