Seluma

Ramadhan, Pemkab Seluma Akan Razia Sembako, Obat dan Kosmetik

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pemkab Seluma, Zuraini, SP, M.Si. Dokumen Foto: BETV

BETVNEWS,- Dibulan ramadhan ini, Pemerintah Kabupaten Seluma akan menggelar razia terhadap Sembilan Bahan Pokok (Sembako), obat-obatan, Kosmetik dan juga memeriksa menu berbuka puasa atau Takjil yang dijual bebas di pasar-pasar kaget. Disperindagkop UKM sebagai Leading Sektor dalam kegiatan ini nantinya juga akan melibatkan Dinas Pertanian, Perikanan dan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bengkulu.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Pemkab Seluma, Zuraini, SP, M.Si mengatakan akan menjadwalkan pemeriksaan atau razia tersebut, dalam waktu dekat. Rencananya, razia tersebut akan digelar selama dua hari, di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.

“Razia atau pemeriksaan terhadap bahan kebutuhan pokok masyarakat ini dilakukan semata untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menggunakan Sembako juga obat-obatan, Kosmetik dan takjil selama bulan ramadhan. Dengan adanya razia atau pemeriksaan ini diharapkan masyarakat Seluma akan terbebas dari produk Kadaluarsa, obat dan kosmetik berbahaya yang tidak berizin serta makanan yang menggunakan bahan pengawet berbahaya.” Terang Zuraini.

Jika saat razia tersebut, ditemukan produk yang melanggar, maka akan kita lakukan penyitaan barang atau produk. Selain akan memberikan pembinaan, pemilik produk tersebut diwajibkan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Untuk sasaran razia ini meliputi warung-warung manisan, gudang distributor, Apotik dan Toko Kosmetik serta pedagang dadakan yang menjual Takjil berbuka puasa.

“Semua akan kita datangi satu persatu, untuk mencari kemungkinan adanya produk yang kadaluarsa, kosmetik dan obat berbahaya dan tidak berizin serta Takjil yang menggunakan bahan pengawet dan atau pewarna yang berbahaya bagi kesehatan,” imbuh Zuraini. (ARUN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *