Lebong, Pemerintahan

PPL Diminta Tingkatkan Kinerja

Wakil Ketua I DPRD Lebong Mahdi, S.Sos

BETVNEWS,- Peran petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Lebong dirasa perlu dimaksimalkan. Khususnya dalam mendorong Kelompok Tani Di Bumei Swarang Patang Stumang dalam menyusunan Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK). Sehingga diharapkan petani mendapatkan pemasokan pupuk subsidi. Hal ini disampaikan Wakil Ketua I DPRD Lebong Mahdi, S.Sos.

“PPL harus lebih aktif mensosialisasikan dan membantu petani dalam menyusun RDKK melalui pendampingan terhadap petani secara optimal, terutama dalam penyusunan RDKK agar petani bisa menerima pupuk bersubsidi untuk peningkatan produksi petani,” kata Mahdi.

Ditambahkan Politisi Golkar ini, tidak ada alasan menyalahkan petani dalam penyusunan dan pengajuan RDKK, terutama bagi mereka (petani, red) yang tidak mengerti. Para PPL inilah yang harus proaktif memberi bimbingan guna meningkatkan mutu dan produksi pertanian.

“PPL kita minta untuk melakukan sistem jemput bola dan jangan hanya menungguk RDKK dari kelompok tani. Apalagi sebagian petani kita kurang mengetahui dan memahami proses pembuatan dan pengajuan RDKK. Nah disinilah peran PPL yang kita minta untuk ditingkatkan. Sehingga diharapkan pada musim tanam mendatang kebutuhan pupuk terpenuhi dan tepat waktu, ” tambahnya.

Selain itu ia juga menghimbau kepada Petani yang belum bergabung kedalam kelompok tani untuk segera bergabung. Pasalnya pupuk subsidi hanya bisa disalurkan kepada kelompok tani bukan kepada petani perseorangan sesuai dengan kebutuhan yang telah diajukan didalam RDKK yang telah diajukan sebelumnya.

“Pupuk subsidi ini tidak bisa disalurkan melalui perorangan melainkan kepada kelompok. Untuk itu kepada petani yang belum masuk kelompok untuk dapat segera masuk kelompok tani dan segera mengajukan RDKK mengingat RDKK harus disusun sebelum musim tanam, ” demikian Mahdi. (D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *