Pendidikan

Posko XIV KKN Kebangsaan Olah Limbah Nanas Menjadi Permen

BETVNEWS – Nanas merupakan salah satu jenis buah yang lazim tumbuh di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia salah satunya adalah Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendan Provinsi Jambi. Seperti halnya buah yang lain, nanas juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, dalam setiap buahnya terdapat vitamin C, vitamin B6, vitamin B1 serta folat. Kandungan gizi tersebut membuat nanas memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh diantaranya menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga Kesehatan kulit dan lainnya.

Jati Mulyo merupakan desa penghasil buah nanas organik karena wilayah desa tersebut merupakan wilayah gambut. Jika khalayak ramai mengkonsumsi nanas dengan cara dimakan langsung, kali ini posko 14 KKN kebangsaan mempunyai kreasi baru yang merupakan pemanfaatan ampas nanas menjadi permen.

Premen yang diolah tersebut dapat dimakan dan dikonsumsi oleh semua kalangan, kreasi ini merupakan buah pemikiran Silvioni, salah satu peserta posko XIV KKN dan merupakan mahasiswa Jurusan Agribisnis,

Silvioni menyebutkan bahwa kreasi ini juga dapat menjadi pembelajaran bagi masyarakat sekitar  mengenai pemanfaatan limbah nanas sehingga menjadi nilai tambah penghasilan bagi masyarakat di Desa Jati Mulyo.

“Olahan limbah nanas ini tentu dapat menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat di Desa Jati Mulyo,” kata Silvioni.

Selain menjadi nilai tambah, pemanfaatan ampas nanas ini juga dapat menjadi salah satu upaya pencegahan tercemarnya lingkungan yang disebabkan dari limbah nanas yang dibuang sembarangan. Silvioni berharap produk yang dihasilkan tersebut benar-benar dapat memberikan manfaat bagi masyrakat dan lingkungan sekitar.

“Kita harap olahan limbah nanas ini dapat diproduksi secara terus-menerus dan menjadi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” tutup Silvioni.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *