Pemerintahan, Rejang Lebong

Plt Gubernur Dukung P2L Maju Bersama Kelola TNKS

BETVNEWS – Sekelompok perempuan yang tergabung dalam komunitas Perempuan Peduli Lingkungan (P2L) Maju Bersana desa PAL VIII kabupaten Rejang Lebong, Selasa siang (31/10) menggelar pertemuan dengan Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dengan didampingi dinas instansi terkait lainnya.

Pertemuan ini sendiri dilakukan P2L Maju Bersama guna menyampaikan keinginan mereka untuk terlibat langsung dalam pelestarian hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Dimana para perempuan ini berharap dapat memanfaatkan lahan TNKS sebagai penunjang pendapatan mereka, dengan tidak merusak habitat di TNKS.

“Ya kita berharap diberi kesempatan untuk ikut melestarikan sekaligus mengelola segelintir kawasan TNKS, guna menunjang perekonomian masyarakat sekitar. Rencananya ada 3 lokasi, yakni desa PAL VIII, Karang Jaya dan Babkan Baru” ujar Ritawati , ketua P2L Maju Bersama.

Rencana inipun sangat diapresiasi oleh Plt Gubernur Rohidin Merssyah. Menurut Rohidin, sebagaimana kebijakan pemerintah, masyarakat sekitar kawasan taman nasional harus diberdayakan, agar kehidupan ekonomi mereka dapat berjalan tanpa harus merusak hutan. Seperti semboyan memanfaatkan hutan tanpa harus menebang kayu.

“Ya bisa saja seperti ternak madu hitan, menanam kebun bunga, pemanfaatan getah damar hingga tanaman obat-obatan. Sehingga fungsi kawasan taman nasional tetap terpelihara, masyarakat bisa menerima manfaat” Ujar Rohidin.

Kelompok ini sendiri diketahui sudah mulai bergerak, kelembagaan sudah terbentuk, proses belajar sudah dimulai, dan pendampingannya diperhatikan oleh para pemerhati lingkungan. Rohidin pun berjanji akan mensuport upaya P2L Maju Bersama melalui program di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD)

“Tadi saya langsung tanya dinas sosial apakah ada anggarannya atau tidak. Begitu juga dengan dinas pariwisata dan dinas pemberdayaan perempuan. Saya minta kedepan ini benar-benar bisa menjadi pilot project menyongsong Wonderfull 2020”. Tutup Rohidin.

(Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *