Pemerintahan, Seluma

Peserta BPJS Kesehatan Menunggak Rp. 10,1 Milliar

BETVNEWS – Dari sekitar 31 ribu peserta BPJS Kesehatan Mandiri, hanya sekitar 12 ribu saja yang saat ini status kartunya aktif. Selebihnya sekitar 19 ribu peserta lainnya, dalam status tidak aktif atau menunggak iuran bulanan.

“Peserta keseluruhan ada sebanyak 31 ribu itu untuk peserta mandiri. Dan lebih dari setengah itu menunggak iuran,” ungkap Ricco Hanggara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Seluma.

Adapun rincian tunggakan BPJS Kesehatan tersebut, diantaranya kelas I sebanyak 626 jiwa atau dengan nominal mencapai Rp 1,1 miliar. Untuk kelas II berjumlah 1.832 jiwa jika dinominalkan sebesar Rp 2,1 miliar, sedangkan untuk kelas III sebanyak 17.057 jiwa atau sebesar Rp 6,8 miliar. Dengan total keseluruhan tunggakan capai Rp 10,1 Miliar.

“Untuk yang terbanyak memang di kelas III, dengan persentase mencapai 87 persen lebih,” sampai Ricco Hanggara.

Banyaknya tunggakan di kelas III, menurut Ricco Hanggara lantaran memang masyarakat tidak mampu untuk membayar iuran bulanan tersebut. Namun karena mereka dalam keadaan terdesak, sehingga mereka memaksakan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

“Ini harus menjadi perhatian Pemerintah Daerah, jika kita lihat dari angka tersebut. Maka saya pastikan masih banyak masyarakat Seluma yang tidak mampu yang perlu mendapatkan perhatian Pemerintah,” demikian Ricco Hanggara.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *