Bengkulu Selatan, Pemerintahan

Pemkab Bengkulu Selatan Genjot Maturitas SPIP ke Level 3

BETVNEWS,- Untuk meningkatkan pencapaian maturitas level III Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). Pemeritah Kabupaten Bengkulu Selatan bersama  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar workshop, pada Rabu (13/2) pagi.

Maturitas adalah istilah yang menunjukkan ukuran kualitas, kematangan atau kedewasaan dari sistem pengendalian internal pada suatu organisasi. Semakin tinggi maturitasnya semakin baik pula kualitas sistem pengendalian intern suatu organisasi.

“Bengkulu selatan 2016 mendapatkan nilai hasil maturitas SPIP di level 1 kritis dan ini kita mulai mempersiapakan di akhir Februari agar peningkatan level ini tercapai .dan kedepan setiap OPD harus melengkapi dokumen yang ada agar nantinya dapat berjalan dengan semestinya,” ujar Sekertaris Inspektorat, Asih Khadarinah.

Seperti diketahui, dasar hukum penilaian penyelenggaraan maturitas SPIP adalah peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 dengan berpedoman pada peraturan Kepala BPKP nomor 4 tahun 2016. Adapun penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP meliputi unsur-unsur yakni lingkungan pengendalian’penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.

(Ade Bewok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *