Mukomuko

Masyarakat Desa Penyangga Segel PT. KSM

BETVNEWS – Puluhan warga Desa Penyangga, Kamis (23/9) siang melakukan unjuk rasa dan orasi di depan gerbang perusahaan PT Karya Sawitindo Mas yang bergerak di bidang pengolahan sawit.

Dalam unjuk rasa tersebut, Rusman Aswardi selaku penanggung jawab aksi  mengatakan ada beberapa tuntutan yang disampaikan oleh masyarakat kepada pihak perusahaan.

“Hari ini kami melakukan orasi dengan tuntutan antara lain meminta Pemerintah Daerah mengkaji ulang terkait izin operasi perusahaan. ¬†Kita juga mengklaim SIUP-P yang dikantongi PT. Karya Sawitindo Mas batal demi hukum.” jelas Rusman Aswardi

Selain itu, pendemo juga menuntut pihak perusahaan untuk menghentikan pembuangan limbah ke aliran sungai Manjunto melalui sungai Kukun dekat areal pabrik. Pendemo menuding Sungai Manjunto yang dekat dengan pemukiman masyarakat itu sudah sangat tercemar.

Selanjutnya Massa juga meminta pihak perusahaan mengakomodir tenaga kerja lokal, sebagaimana perjanjian bersama dengan ninik mamak desa Penyangga saat pendirian perusahaan. Pendemo juga menuding pihak perusahaan telah mem- PHK pekerja lokal secara sepihak tanpa ada perundingan terlebih dahulu.

Terakhir pengunjuk rasa melakukan penyegelan dan menutup gerbang PT. Karya Sawitindo Mas dan memberikan jangka waktu 1 pekan untuk Pemerintah Daerah agar memfasilitasi masyarakat dengan pihak perusahaan.

Sementara itu, Ardian Joko selaku asisten kepala PT. Karya Sawitindo Mas menyampaikan bahwa pihaknya juga menyerahkan sepenuhnya ke Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi pihaknya dengan para pendemo.

“kami menyerahkan ke Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi kami dan pihak masyarakat desa Penyangga terkait masalah tuntutan dari para pendemo tersebut.” jelas Joko.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *