Seluma

Jumlah Minim, Alsintan Tak Dibagikan ke Kelompok Tani

BETVNEWS,- Lantaran persediaan alsintan jumlahnya tidak terlalu banyak, dinas pertanian Seluma sejauh ini tidak membagikan alsintan tersebut kepada kelompok tani. Namun bagi kelompok tani yang ingin menggunakan alsintan tersebut, maka diperbolehkan mengajukan permohonan kepada dinas Pertanian Seluma.

Kepala Dinas Pertanian Seluma Marah Halim mengatakan, sejauh ini ketersediaan alsintan masih sangat minim, sedangkan kelompok tani yang mengajukan permohonan sangat banyak, sehingga tidak dilakukan penyerahan kepada kelompok tani.

“Untuk alsintan saat ini sangat minim, jadi sementara ini hanya kita brigade kan (pinjam pakai, red). Sehingga tidak kita tukar pakaikan,” sampai Marah Halim.

Sementara tahun 2020, untuk permohonan alat pertanian baik untuk pakai pinjam ataupaun pembagian langsung, akan melalui fungsi Balai Penyuluh Pertanian (BPP). Jadi setiap alat pertanian yang akan diserahkan ke kelompok tani, akan dikeluarkan oleh BPP.

“Kita saat ini telah memfungsikan BPP, jadi sebanyak 9 BPP akan siap melayani masyarakat terkait dengan alat pertanian,” terusnya.

Dinas pertanian saat ini juga sedang berusaha menambah alokasi alsintan. Namun untuk jumlahnya belum bisa diperkirakan, lantaran merupakan bantuan diberikan oleh pemerintah pusat.

“Total 9 Unit Power Traiser, 6 unit Handtraktor, 5 unit pompa air (Pinjam Pakai). Sedangkan untuk yang diserahkan langsung ke kelompok tani 9 unit power traiser. Sementara yang baru sampai 2 unit Combine untuk di pinjampakai,” imbuhnya.

Untuk BPP di Seluma, terdapat sembilan unit dan disebar di 9 kecamatan, diantaranya Sukaraja, Air Periukan, Seluma Selatan, Seluma, SelumaTimur, Ilir Talo, Talo, Semidang dan Semidang Alas Maras.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *