Seluma

Irigasi Jebol, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terdampak

BETVNEWS – Lantaran cuaca yang cukup ekstrim dalam beberapa hari terakhir ini, mengakibatkan jaringan irigasi primer Bendungan Seluma pada titik 10 (BS 10) jebol. Hal ini berdampak terhadap lahan persawahan milik warga yang setidaknya ada sekitar 150 hektar lahan kebanjiran dan 350 hektar lainnya mengalami kekeringan.

“Kita sudah menerima laporan tentang jebolnya aliran irigasi BS 10, kita telah turun ke lapangan dan mencatat sekitar 150 hektar sawah yang terendam banjir, dan sekitar 350 hektar lainnya mengalami kekeringan,” sampai Arian Sosial Kepala Dinas Pertanian Seluma.

Dinas Pertanian Seluma langsung mengambil langkah untuk menindaklanjuti jebolnya aliran irigasi tersebut, dan saat ini telah bersurat kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera VII (BWSS VII) untuk mengambil langkah mengenai jebolnya aliran irigasi BS 10 tersebut.

“Surat saat ini sudah kita sampaikan, sehingga harapannya dalam waktu dekat ini sudah dilakukan perbaikan oleh pihak yang berwenang,” imbuhnya.

Jika tidak segera ditangani dan ada tindak lanjut dari BWSS VII, ditakutkan nantinya hal ini akan berdampak kepada aktivitas pertanian di kawasan tersebut. Tentunya hal tersebut juga akan berdampak dan merugikan bagi para petani.

“Jangan sampai dampak Covid 19 ini diperparah dengan jebolnya irigasi tersebut. Sehingga kita berharap ada perhatian serius untuk para petani yang terdampak,” ucapnya lebih lanjut.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *