Kota Bengkulu

Gara-gara Rapid Test Covid-19, Puluhan Penumpang Pesawat Gagal Berangkat

BETVNEWS,- Puluhan penumpang maskapai penerbangan Lion Air yang berangkat dari Bandara Fatmawati Bengkulu menuju Jakarta Senin (29/6) pagi gagal berangkat. Lantaran Pelayanan Rapid Test Covid19 yang berada di Bandara terkesan lamban.

Antonius Jumroni salah satu penumpang lion air mengatakan Rapid Test yang disediakan oleh pihak Bandara tidak sesuai dengan brosur yang menyatakan hasil keluar rapid test 15 hingga 30 menit. Sedangkan kenyataan rapid test yang dimulai pendaftaran dari pukul 06.35 WIB hasilnya baru keluar pada pukul 08.51 WIB.

“Kita sayangkan pelayanan rapid test sangat lamban. Selain itu petugasnya hanya 3 orang, pendaftaran tidak memakai nomor urut meski sudah disiapkan dan hal ini tidak sesuai dengan brosur yang disebarkan di media sosial.” terangnya.

Selain itu, Antonius menyesalkan tidak adanya koordinasi antara petugas rapid test dengan pihak maskapai yang tidak mau menunda sebentar keberangkatan atas keterlambatan dari petugas rapid test yang disediakan oleh pihak angkasa pura.

“Kita kasihan dengan para penumpang lainnya mas, percuma saja disediakan rapid test di bandara kalau fasilitasnya belum siap. Kita sudah 2 jam menunggu hasil rapid test ini baru keluar,” tambahnya.

Terkait hal ini, General Manager PT. Angkasa Pura, Sarosa mengatakan Rapid Test merupakan salah satu syarat untuk para penumpang melakukan penerbangan. Sehingga para penumpang hendaknya terlebih dahulu melakukan rapid test sebelum membeli tiket.

“Itu sudah menjadi kesalahan dari penumpang, hendaknya penumpang terlebih dahulu melakukan rapid test sebelum membeli tiket. Apabila reaktif, tiket penerbangan juga hangus karena dilarang untuk berpergian.” terangnya

Sementara itu, pihaknya juga tidak dapat menambah petugas yang melakukan rapid test karena telah bekerjasama dengan pihak ketiga yang harus memiliki APD lengkap untuk melakukan Rapid Test Covid 19.

“Petugas rapid test di bandara kita memang terbatas, dan rapid test ini bisa dilakukan di rumah sakit ataupun di klinik dan kita pun stanby mulai hari senin hingga jumat mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00.” Tambahnya.

Untuk diketahui, penumpang lion air yang berangkat pada pukul 09.00 WIB berjumlah 123 penumpang dewasa dan 1 penumpang anak-anak total keseluruhan mencapai 10 orang.

(Aris Black)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *