Bengkulu tengah

Dinsos Benteng Usulkan Kenaikan Anggaran Bansos

BETVNEWS,- Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Tengah mengusulkan kenaikan anggaran Bantuan Sosial (Bansos) untuk korban bencana alam baik itu bencana kebakaran, bencana longsor, bencana angin puting beliung hingga banjir. Pasalnya belajar dari pengalaman menghadapi bencana alam yang terjadi pada bulan Mei lalu, dinas sosial sempat kewalahan menangani dan membantu warga yang mengalami dampak bencana, lantaran minimnya anggaran.

Diketahui untuk tahun ini anggaran bantuan sosial yang dialokasikan dari APBD ke Dinsos sekitar Rp 150 juta. Dengan jumlah tersebut, terpaksa tidak semua korban bencana mendapatkan bantuan. Diketahui untuk bantuan yang diserahkan ke korban berupa sembako, salimut, pakaian hingga peralatan rumah tangga. Pada bencana banjir dan tanah longsor lalu, Dinsos hanya dapat memberikan 14 paket bantuan ke korban bencana. Sedangkan untuk bantuan korban kebakaran sekitar 18 paket.

Pihak Dinsos berharap usulan kenaikan anggaran ini dapat dipertimbangkan pemerintah daerah dan DPRD, lantaran bantuan tersebut merupakan program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Adapun kenaikan anggaran ini diharap bisa menyentuh angka hingga Rp 500 juta.

“Anggaran kita sangat minim, ya risikonya tidak semua korban dapat diberi bantuan. Kita berharap betul alokasi anggaran dapat dinaikkan,” ungkap Sabar Imam Santosa, Kasi Perlindungan Sosial dan Korban Dinsos Benteng.

(Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *