Bengkulu Utara, Pemerintahan

Dinkes Keluarkan Edaran Gunakan Sistem Rujukan Manual

BETVNEWS,- Dinas kesehatan kabupaten Bengkulu Utara, telah mengeluarkan surat edaran kepada puskesmas yang ada dikabupaten ini agar menggunakan sistem rujukan secara manual. Apabila sistem rujukan terintegrasi( sirut) mengalami masalah dan pasien dalam keadaan darurat.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bengkulu Utara, Samsul maarif menyampaikan, surat edaran yang dikeluarkan menindak lanjuti hearing yang dilakukan bersama komisi satu anggota dprd kabupaten bengkulu utara terkait keluhan masyarakat tentang pelayanan yang mnggunakan sirut.

“Surat edaran kepada seluruh kepala puskesmas telah kita keluarkan, sebenarnya sejak awal kita telah melakukan sistem manual jika ada keadaan darurat, hanya saja belum ada surat edaranya,” ungkapnya.

Samsul menambahkan, kendala yang dihadapi dalam pelayan yang menggunakan sistem rujukan integrasi adalah masalah listrik dan jaringan internet apalagi didaerah yang pedalaman, namun jika kendala tersebut bisa diatasi maka pelayanan rujukan lebih efektif.

“Kendala kita hanya jaringan internet dan listrik, jika itu bisa diatasi maka pelayanan jauh lebih efisien dari sistem manual” ujarnya

Dengan adanya keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang menggunakan sistem sirut, samsul menegaskan semua puskesmas harus menggunakan sistem manual jika sistem sirut mengalami gangguan,terutama untuk keadaan darurat.

“Masyarakat tidak perlu cemas lagi, kita terus berusaha untuk menanggapi keluhan masyarakat,” tutupnya.

(Doni Andaresta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *