Mukomuko

Debit Air Bendungan Manjunto Menurun Drastis

BETVNEWS.- Bendungan Manjunto yang berada di kecamtan V Koto sejak dua bulan lalu debit airnya terus mengalami penurunan yang disebabkan oleh kemarau yang sudah 2 bulan melanda kabupaten Mukomuko. Menurunnya debit air ini sangat mempengaruhi keberlangsungan produksi pertanian padi masyarakat yang mengandalkan air dari bendungan.

Beberapa sawah milik warga saat ini sudah tidak lagi menerima pasokan air seperti biasanya karena karena debit air yang sudah sangat berkurang dari biasanya.

Dijelaskan Evi Busmanja selaku camat V Koto bahwa faktor kemarau panjang sangat mempengaruhi manurunya debit air di bendungan Manjunto, padahan kemarau baru berlangsung selama dua bulan saja.

“Faktor kemarau memang sangat mempengaruhi menurunnya debit air di bendungan Manjunto ini, tapi biasanya penurunan debit air tidak sedrastis seperti sekarang,” jelas Camat.

Pihaknya menduga ada penyebab lain dari cepatnya penurunan debit air. Diduga ada penyalahgunaan lahan sekitar aliran sungai oleh perusahaat-perusahaan perkebunan di hulu sungai tersebut yang menyebabkan penurunan debid air.

“Dari pengamatan dan pengalaman kita dari tahun ke tahun, tahun ini merupakan penurunan debit yang paling cepat dan kita duga ada penyebab lain dari kondisi ini,” tutup Evi Busmanja.

Selain itu pihaknya berharap agar pihak kehutanan mengecek arah hulu sungai terkait dugaan pemanfaatan daerah aliran sungai menjadi perkebaunan.

(Jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *