Bengkulu Utara

Bunga Raflesia Mekar di Kemumu

BETVNEWS,- Bunga raflesia jenis gadutensis kembali mekar dikawasan talang rais kelurahan Kemumu, bunga raflesia ini merupakan bunga pertama yang mekar ditahun 2020. Dengan diameter mencapai 45 centi meter diperkirakan bunga ini akan layu dalam waktu 3 hari kedepan.

Salah satu anggota pecinta puspa langka kabupaten Bengkulu Utara, Efri Paku Alam menyampaikan, bunga dengan ukuran cukup besar yang mencapai 45 centi meter ini diprediksi mekar sempurna dalam beberapa hari kedepan, namun disaat timnya melakukan pengecekan kelapangan puspa langka ini mekar lebih dulu dari yang diprediksikan

“IIni merupakan bunga pertama yang mekar di tahun 2020, awalnya kita memprediksi akan mekar sempurna beberapa hari kedepan, namun ternyata mekar lebih dahulu dari yang diprediksikan,” ujarnya.

Menurut Efri hal seperti ini biasa terjadi jika memasuki musim hujan, karena curah hujan yang cukup yinggu mempengaruhi pertumbuhan bunga raflesia sehingga lebih cepat mekar.bukan hanya itu fase layu bunga inipun cukup cepat.

“Jika cuaca cerah bunga ini bisa bertahan hingga tujuh hari, namun jika musim hujan bunga ini hanya bertahan dalam waktu tiga sampai lima hari saja,” imbuhnya.

Kawasan talang rais merupakan habitat bunga raflesia untuk tumbuh subur, karena posisinya yang berada diatas tebing yang membuat habitatnya tidak menjadi tempat melintasnya masyarakat. Sekitar sehingga sumber makanan yang berada disekitar bunga tetap terjaga. Namun sayang beberapa bulan lalu kawasan ini sempat dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Efri bersama rekan rekannya sempat khawatir tetang keberlangsungan pertumbuhan bunga raksasa ini, untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat ataupun pengunjung agar untuk dapat menjaga bunga langka tersebut.

“Bagi masyarakat maupun pengunjung yang datang kesini agar untuk bersama sama menjaga bunga ini, karena bunga ini merupakan bunga langka dan ikon nya Bengkulu,” tutupnya.

(Doni Andaresta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *