Seluma

Beruang Kembali Mengamuk, Warga Diimbau Waspada

foto: IST

BETVNEWS,- Sampai sejauh ini, setidaknya sudah  lima kali beruang muncul di sekitar pemukiman warga. Pertama kali binatang buas tersebut ditemukan oleh warga di kelurahan Talang Saling kecamatan Seluma. Beruang kembali muncul di desa Tanjung Kuaw bahkan menimbulkan satu orang korban luka, selanjutnya di desa Kampai kecamatan Talo, dan di desa Bunga Mas kecamatan Seluma Timur.

Kemudian hewan bernama latin Helarctos Malayanus tersebut, sekitar pukul 07.30 WIB Sabtu (12/11) pagi kembali menampakkan diri di Kelurahan Masmambang Kecamatan Talo dan menyerang Awaludin (43) petani karet hingga mengalami luka robek di kaki sebelah kiri.

“Iya memang kita sudah mendapatkan laporan terkait dengan hal tersebut, dan saat ini anggota sudah memastikan, kita juga himbau masyarakat untuk tetap hati-hati,” ungkap Kapolsek Talo Iptu Sodri, melalui pesan Whatsapp.

Kemunculan beruang dalam beberapa minggu terakhir ini, tentu akan sangat membuat resah masyarakat Seluma, dan ini tentunya akan menjadi pekerjaan bagi pihak yang bersangkutan, untuk dapat mengatasi keberadaan hewan mamalia tersebut.

Disisi lain, Kasi Konservasi Wilayah II BKSDA Bengkulu Rustam Erlangga mengatakan bahwa hewan endemik yang banyak ditemukan di Bengkulu tersebut belakangan ini kerap menampakan diri. Lantaran beberapa hal, diantaranya hutan tempat mereka saat ini sudah mulai dirambah dan kemungkinan yang kedua lantaran musim kemarau, sehingga beruang turun untuk mencari air.

“Kemungkinan memang beruang ini turun lantaran mencari air, atau memang hutan saat ini sudah mulai dirambah,” ujarnya.

Sejatinya pihak BKSDA telah memasang perangkap, guna untuk menangkap hewan tersebut disetiap lokasi kemunculan beruang, namun memang belum mendapatkan hasil.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *