Lebong, Pemerintahan

Belum Tiga Bulan, Insentif Ekor Tikus Sudah Terealisasi Rp 250 Juta

BETVNEWS – Program pengendalian hama tikus yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong tampaknya disambut antusias oleh masyarakat. Bagaimana tidak, baru sekitar 3 bulan berjalan, anggaran Rp 560 juta yang disiapkan untuk insentif ekor tikus sudah terealisasi sekitar Rp 250 juta. Artinya sudah sekitar 85 ribuan ekor tikus yang sudah dimusnahkan. Satu ekor tikus dihargai Rp 3 ribu.

Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong, Jimi Tri Susilo S.St.Pi mengatakan sejauh ini sudah ada 8 koordinator yang tersebar di 7 kecamatan ditunjuk untuk mengumpulkan ekor tikus itu. Sehingga teknisnya, insentif akan ditransfer ke masing-masing koordinator sesuai dengan jumlah ekor tikus yang dikumpulkan.

“Sesuai dengan hasil rapat program ini berlaku untuk seluruh kecamatan. Artinya seluruh masyarakat Lebong bisa menukarkan ekor tikus ke koordinator meski beda wilayah kecamatan,” lanjutnya.

Kegiatan grobokan hama tikus ini sendiri dilakukan untuk mendukung musim tanam serentak yang ditargetkan mulai pada November mendatang. Menurutnya untuk menekan perkembang biakan hama tikus saat ini adalah waktu yang pas, yaitu sebelum proses persiapan lahan sebelum tanam.

“Sehingga resiko serangan hama tikus pada saat padi sudah ditanam bisa ditekan. Muaranya adalah meningkatkan produksi padi, ” demikian Jimi. (D99)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *