Ekonomi Bisnis

Begini Cara Pemda DKI Jakarta Bina Industri Kreatif

belasan Wartawan dari media lokal di provinsi Bengkulu saat mengunjungi Jakarta Creative Hub (JCH).

BETVNEWS – Agenda pertama Workshop Media Lokal oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, dilaksanakan Selasa pagi (17/04) dengan mengunjungi Jakarta Creative Hub (JCH). Workshop ini diikuti belasan Wartawan dari media lokal di provinsi Bengkulu.

Di kesempatan ini para peserta di ajak keliling melihat hasil produksi kreatifitas anak-anak muda di bawah binaan JCH. Meski baru setahun berdiri, JCH sudah menunjukkan keberhasilannya. Terbukti dengan banyaknya produk yang sudah dipasarkan bahkan hingga ke luar negeri.

Angela Kurniawan misalnya, ia sudah bergabung sejak April 2017 lalu. Produk yang ia kembangkan lebih mengikuti mode kekinian. Seperti tas kecil yang bertuliskan Photographer, YouTuber, Videografer, Designer hingga tulisan lain yang bersifat profesi kekinian. Tas inipun sangat laris di pasaran.

“Untuk pemasaran, kita biasanya di bazar, media online, hingga toko-toko. Saat ini produk kita sudah dijual hingga ke Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, hingga Singapura.” terang Angela Kurniawan, Founder & Creative Director Bits and Bobs.

Tak hanya mengembangkan bisnisnya lewat JCH di bawah naungan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Provinsi DKI Jakarta, Angela juga aktif mengajari ibu-ibu dari Rumah Susun (Rusun) untuk ikut mengembangkan ekonomi kreatif.

“Untuk harga kita cukup murah, masing-masing produk yang kita jual mulai dari Rp. 30.00,- hingga Rp. 300.000,- dengan target anak-anak muda atau kaum milenial.” tambah Angela.

Bagi komunitas yang ingin mengembangkan produknya dan bergabung menjadi binaan JCH, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti berstatus warga DKI Jakarta, Sudah menjalankan usahanya minimal 6 bulan, hingga membuat proposal pengajuan.

“Pada dasarnya lewat JCH ini kita ingin anak-anak muda sekarang menjadi motor penggerak ekonomi kreatif. Karena saat ini kita menyadari industri kreatif semakin berkembang. Dan tentu ini menjadi pekerjaan bagi kita untuk melakukan pembinaan sehingga ke depan komunitas ini dapat benar-benar berhasil.” ujar Dwi Apriza, Manajer Operasional JCH.

Saat ini, JCH baru memfasilitasi setidaknya 5 bidang ekonomi kreatif, seperti Disign, fashion, arsitektur, hingga komunikasi visual. Ke depan, Pemda akan mengupayakan untuk menambah bidang lain, sehingga berbagai komunitas industri kreatif dapat ditampung dan dibina.(Edwin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *