Bengkulu tengah, Kepahiang, Pendidikan

Astra Motor Dukung SMK Praktik Kewirausahaan  

BETVNEWS,- Astra Motor selaku Main Dealer dan Retailer resmi Sepeda Motor Honda membekali siswa kelas 3 SMKN 4 Kepahiang dan SMK IT Rahmatan Karimah Benteng dengan praktek kewirausahaan dan keahlian Servis Motor. Kegiatan ini pun menggandeng,  AHASS yang berada di Kepahiang – Ilham Motor dan di Kota Bengkulu – Astra Motor Padang Jati, yang diikuti lebih dari 50 orang siswa.

“Siswa kelas 3 jurusan teknik SMKN 4 Kepahiang dan SMK IT Rahmatan Karimah Benteng diminta untuk mencari konsumen Sepeda Motor Honda lalu mereka sendiri juga yang melakukan servis sepeda motor didampingi oleh tenaga ahli dari AHASS” ujar Suwanto selaku Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kepahiang, Yuwantoro mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena dapat melatih keterampilan siswanya, sebelum turun langsung dimasyarakat.

“Program ini dapat melatih softskill siswa dalam mengaplikasikan kegiatan kewirausahaan yang berkaitan dengan kompetensi teknik dan bisnis sepeda motor. Siswa ditantang untuk dapat mempromosikan dirinya kepada calon konsumen, keahlian berkomunikasi,kepercayaan diri, dan sopan santun yang menjadi faktor penting untuk para siswa meyakinkan calon konsumen, ” ujarnya.

Disisi lain, Kepala SMK IT Rahmatan Karimah Aldi Lazuardi mengatakan program latihan ini dapat menjadi bekal siswanya.

“Harapan kami dengan diadakannya program ini bisa menjadi bekal untuk siswa jurusan teknik sepeda motor Honda membuka bisnis bengkel sepeda motor ketika lulus dari SMK. Dan program ini akan rutin kita lakukan untuk membentuk mental bisnis para siswa.” ungkapnya.

Kegitan yang sukses diadakan ini merupakan langkah nyata Astra Motor Bengkulu dalam mengembangkan SDM yang ada di Bengkulu dan sejalan dengan program Teaching Factory yang digalakan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia. Tak menutup kemungkinan bagi lulusan sekolah binaan Honda untuk berkarya di AHASS yang ada di seluruh Provinsi Bengkulu. Hal ini dikarenakan adanya pengalaman langsung bagi para siswa dalam melakukan perawatan sepeda motor Honda.

(Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *