Pemerintahan, Seluma

Angka Pengangguran di Seluma Capai 1.608 Orang

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Seluma, Riduan Sabrin

BETVNEWS – Berdasarkan jumlah pemohon kartu kuning di Disnakertrans, angka pengangguran di Kabupaten Seluma masih tergolong tinggi. Disnakertrans mengeluarkan kartu kuning ini berdasarkan permintaan dari masyarakat pencari kerja, untuk mencari pekerjaan.

Kepala Dinas Nakertrans Riduan Sabrin mengatakan bahwa, jumlah permintaan kartu kuning ini sendiri sesuai dengan peluang kerja setiap tahunnya. Jumlah permintaan akan meningkat jika ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

“Misalnya dari pemerintah itu ada CPNS atau dari swasta itu ada membuka lapangan pekerjaan. Itu akan banyak permintaan kartu kuning,” sampai Riduan Sabrin.

Menurutnya, secara rinci jumlah permintaan kartu pencari kerja dari tahun 2018 sebanyak 325 orang. Kemudian, tahun 2019 sebanyak 998 orang. Kemudian tahun 2020 sebanyak 138 orang dan untuk tahun 2021 dari Januari hingga Maret ada permintaan kartu kuning sebanyak 47 orang.

“Total seluruhnya dari 2018 sampai 2021 ini sebanyak 1. 608 orang permintaan kartu kuning,” jelas Riduan.

Menurutnya, rata-rata para pencari kerja ini berpendidikan SMA. Namun, ada juga yang lulusan SD serta SMP. Tetapi, tidak sedikit juga yang dari diploma dan sarjana. Mereka ini ada yang sudah bekerja tapi tidak melapor kembali ke Disnakertrans.

“Seharusnya mereka ini melapor ke dinas. Termasuk perusahaan juga seharusnya melapor,” sampainya.

(Wizon Paidi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *