Mukomuko, Pemerintahan

60 Desa Tak Serahkan Laporan Pengelolaan Bumdes

BETVNEWS.-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mukomuko menyatakan ada sebanyak 60 desa dikabupaten mukomuko tidak menyerahkan laporan keuangan terkait dengan pengelolan keuangan badan usaha milik desa atau bumdes.

Berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh dinas pemberdayaan masyarakat desa kabupaten Mukomuko bahwa ada sebanyak 60 desa dikbupaten Mukomuko sampai hari ini belum meyerahkan laporan keuangan terkait dengan pengelolaan keuangan badan usaha milik desa untuk tahun 2020 lalu.

Hal tersebut tentu saja menjadi pertanyaan besar bagi dinas PMD karena kewajiban setiap bumdes yang sudah menerima dana penyertaan modal dari anggaran dana desa wajib menyerahkan laporan keuangan pengelolaan bumdes setiap tahunnya.

Disampaikan Juni Erwani selaku kabid pengembangan usaha skonomi masyarakat bahwa pihaknya tahun ini telah melakukan verifikasi laporan pegelolaan keuangan badan usaha milik desa disetiap desa, dan dari hasil verifikasi tersebut pihaknya mendapati ada 60 desa yang tidak menyerahkan laporan keuangannya untuk tahun 2020.

“Untuk itu kami telah turun kelapangan untuk mengetahui penyebab dari tidak diserahkannya laporan tersebut,hasilnya dibeberapa desa yang didatangai terdapat berbagai masalah di bumdes yang tidak menyerahkan laporannya” jelasnya.

Dari beberapa desa yang telah didatangi pihak desa menyampaikan alasan tidak adanya laporan keuangan dari bumdes tersbut antara lain seperti tidak jalannya kegiatan ditengah jalan, tidak dibuatnya laporan secara tertulis dan ada juga bumdes yag tidak sama sekali melakukan kegiatan dengan anggaran tersebut sehingga harius mengembalikan anggaran. (jemiand)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *