Daerah, Kepahiang

200 Ribu Benih Ikan Ditebar di Perairan Umum Desa Kandang

BETVNEWS – Balai Perikanan Budidaya Air Tawar BPBAT Jambi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (16/9) pagi melakukan penebaran benih atau Restocking  ikan di perairan umum desa Kandang Kecamatan Seberang Musi. Restocking ini turut dihadiri langsung Bupati Hidayatullah Sjahid dan didampingi Wakil Bupati beserta OPD terkait.

Bupati mengatakan 200 ribu benih ikan tersebut terdiri dari ikan nila, jelawat dan nilem untuk perairan kabupaten Kepahiang. Tidak hanya itu, 1 unit mobil khusus pengangkut ikan kepada koperasi yang memiliki badan hukum.

“Tahun 2021 ini, kabupaten Kepahiang menjadi satu-satunya Kabupaten-Kota se-Provinsi Bengkulu yang mendapatkan bantuan benih ikan dan mobil operasional pengangkut ikan,” jelas Bupati

Ketua Pokja BPBAT Jambi, Nasutisna menjelaskan bahwa ikan yang disebar tersebut sebagian merupakan ikan jelawat yang merupakan ikan pemakan rumput yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

“ikan jelawat ini ikan pemakan rumput yang merupakan primadona masyarakat dan harga jualnya cukup tinggi mencapai 40 – 50 ribu perkilo,” kata Nasutisna.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang Rukismanto diharapkan nantinya masyarakat diminta tidak melakukan kerukasan dan melakukan penangkapan dengan hal-hal yang merusak ekosistem ikan.

“Berdasarkan perda yang ada, masyarakat dilarang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan alat setrum, racun atau yang lainnya. Masyarakat juga diminta untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam,” Tegasnya

(Hendri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *