Seluma

Pembagian Rastra Tak Merata, Warga Datangi Dinsos

BETVNEWS,- Tak terima pembagian Bantuan Sosial Beras Sejahtera atau Rastra yang tak merata. Belasan warga Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo senin (9/4) pagi mendatangi  Kantor Dinas Sosial Kabupaten Seluma.

Dalam aksinya, warga memprotes kebijakan kepala desa yang membagikan rastra tak sesuai dengan pedoman umum Kementrian Sosial RI. Akibatnya, Rastra yang seharusnya dibagikan untuk 163 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) malah dibagikan untuk 452 Kepala keluarga.

“Kami seharusnya dapat 10 kg per Kepala Keluarga. Dari bulan Januari hingga Maret,  hanya menerima 2,7 kg saja. Sedangkan bulan April ini kami menerima 4,2 kg.  Padahal beras itu, untuk 163 KPM saja, bukan dibagikan merata untuk semua KK,” terang Jaya, Tokoh Masyarakat Desa Rawa Indah.

Diketahui, pembagian ini telah berlangsung selama 4 bulan terakhir. Merasa dirugikan, pihaknya pun meminta agar Kepala Desa Rawa Indah (Robymanto) diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Julian Zuherwan menuturkan Kepala Desa hanya di berkenankan membagikan dan memfasilitasi beras sejahtera untuk KPM sesuai dengan pedoman umum berdasarkan data yang di keluarkan dari kemensos RI. Jika tak tidak mampu maka akan di serahkan melalui kecamatan saja.

Lantaran, tak menjalankan tugasnya dengan baik, Kadinsos akan memberikan teguran keras terhadap Kades didesa tersebut. Dan apabila ada tambahan KPM, ia meminta agar segera di usulkan kembali melalui Dinsos bukan membagikan yang sudah tersedia. (ARUN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *