Bengkulu tengah

Keruh dan Bau, Sungai Bengkulu Diduga Tercemar

BETVNEWS,- Sungai Bengkulu, yang melintasi beberapa desa diKecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu tengah diduga tercemar limbah pabrik pengelohan sawit (CPO). Air sungai terlihat keruh, berbusa dan mengeluarkan bau tak sedap.

Disekitar Pabrik yang dikelola oleh PT. CSL ditemukan parit atau saluran yang diduga dibuat untuk membuang limbah secara langsung kesungai Bengkulu.

Sementara itu, aktivitas pembuangan limbah kesungai ini disinyalir sudah terjadi puluhan tahun. Bahkan semenjak pabrik cpo ini berdiri. Dugaan pencemaran ini semakin mendekati kebenaran. Lantaran bak penampungan yang di miliki oleh pihak perusahaan ini, kini tidak di fungsikan sama sekali.

Akibat dari aktivitas pembuangan air limbah kesungai ini dikhawatirkan akan merusak ekosistem yang terdapat dalam sungai, seperti habitat ikan air tawar yang akan punah dan warga yang tidak dapat menggunakan air sungai Bengkulu ini lagi untuk beraktivitas.

“Diduga perusahaan membuang limbah pada pagi dan siang hari agar aktivitas tersebut tidak di ketahui oleh warga sekitar, ” ujar Bahtiar warga pulau panggung.

Sayangnya, pihak perusahaan terkesan enggan memberikan keterangannya dan tak kooperatif dalam menyikapi pembuangan limbah ini. Bahkan pihak perusahaan berkilah bahwa pimpinan perusahaan tersebut sedang dinas luar dan untuk sementara tidak ada yang bisa ditemui. (Ronal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *