Headline, Pemerintahan

Mantan Balon Bupati Benteng Ikut Geruduk Kantor Gubernur

BETVNEWS – Ratusan pengepul batu bara Selasa siang (21/11) melakukan aksi demo di depan kantor gubernur Bengkulu. Ratusan  pendemo  pengepul tambang bara ini menuntut hak meraka untuk melakukan penambang batu bara di sungai.

“Tolong perhatikan nasib kami rakyat jelata yang mencari nafkah di sisa limbah perusahaan untuk mencukupi kebutuhan ekonomi kami” ujar Anggi Sembara selaku Korlap aksi.

Dalam kesempatan ini, para pengepul batu bara menuntut setidaknya 2 poin :

  1. Meminta agar Plt Gubernur Bengkulu memperjelas terhadap pergub nomor 10 tahun 2011 yang memperbolehkan menambang limbah batu bara di sungai. Terbitnya pergub tersebut tidak berjalan lantaran adanya surat edaran kementerian ESDM nomor :02.E/30/DJB/2012 yang melarang penambangan di area sungai.
  2. Meminta gubernur dapat membebaskan ketua koperasi cakra wala arta sejahtera yang ditahan oleh pihak kepolisian lantaran melakukan penjualan batu bara dari hasil para pengepul.

Arsyad, mantan bakal calon bupati Bengkulu Tengah ikut serta dalam aksi ini. Tampak juga anggota DPRD Bengkulu Tengah Nasir Yahya yang turut melakulan orasi. Selain itu, demo ini didampingi oleh Lembaga Bantuan Hukum Advokasi Perisai Keadilan Bengkulu (LBH APKB) yang diketuai oleh Jeky Haryanto.

Saat ini perwakilan dari pengepul batu bara dengan didampingi oleh LBH APKB tengah melakukan negoisasi terkait tuntutan pengepul batu bara. Terkait hasil negoisasi ini pihak LBH APKB masih  menunggu Plt Gubernur Rohidin Mersyah.

(Aris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *