Business, Pemerintahan

Kembali Terpilih jadi Ketua Kadin, Ferry Rizal Digugat

BETVNEWS – Fery Rizal akhirnya kembali terpilih menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Bengkulu, masa bakti 2017-2022. Fery terpilih secara aklamasi dalam pencalonan tunggal, melalui pelaksanaan Musyawarah Provinsi (Musprov) yang diikuti seluruh perwakilan kadin kabupaten kota se provinsi Bengkulu pada rabu Malam(15/11).

Akan tetapi, terpilihnya Fery Rizal selaku Ketua Umum KADIN Provinsi Bengkulu tidaklah mulus. Sidang sempat beberapa kali diskor akibat adanya dugaan keberpihakan panitia, terhadap calon ketua umum tertentu. Ini disampaikan oleh Harius selaku wakil ketua umum kadin kota Bengkulu. Menurut Harius, panitia sengaja menggiring adanya upaya aklamasi dengan menggagalkan majunya 2 orang calon ketua umum, yakni Edi Haryanto dan Kopli Ansori.

Edi mengundurkan diri lantaran tidak sanggup menyetor uang pendaftaran sebesar Rp. 100 juta kepada panitia, sementara Kopli Ansori memilih Walkout, lantaran merasa upaya pencalonannya dihalang-halangi.

“Ada pasal dalam PO AD/ART, bahwa syarat calon ketua umum adalah anggota kadin selama 3 tahun berturut-turut dibuktikan dengan KTA Kadin, atau terdaftar menjadi direksi, pengurus, komisaris perusahaan lain. Artinya bukan person nya tapi perusahaanya. Ini yang tidak fair dilakukan oleh panitia, sehingga hanya ada calon tunggal” kata Harius.

Kopli Ansori sendiri memang belum menjadi pengurus, dan belum terdaftar selama 3 tahun berturut-turut. Namun tidak serta merta bisa digugurkan begitu saja.

“Dalam PO AD/ART kan jelas, ada kata-kata “Atau” nah ini yang tidak dilaksanakan oleh mereka” tambah Harius.

Atas sikap tidak netral dari panitia inilah, Harius memastikan akan membawa hal ini ke ranah pengadilan. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengajukan gugatan dan berharap kadin pusat, tidak melantik Fery Rizal sebelum adanya keputusan inkrah.

“Ada 5 kabupaten yang walkout, Kota Bengkulu. Lebong, Kepahiang, Bengkulu Selatan, dan Kaur. Kami akan gugat hasil musprov ini ke pengadilan. Dan menyurati kadin pusat. Semua ini kami lakukan demi kemajuan dan penyegaran di tubuh organisasi kadin provinsi bengkulu” tutup Harius.

Sementara itu, Fery Rizal yang terpilih kembali berjanji akan menyelesaikan berbagai permasalahan yang selama ini belum tuntas. Termasuk mendukung berbagai upaya pemerintah provinsi Bengkulu, dengan mendukung agar terealisasinya seluruh program-program pembangunan.

Khusus untuk konflik ini, Ferry menilai hal itu masih dalam tahap kewajaran. Dirinyapun tetap akan merangkul pihak-pihak yang merasa dirugikan, untuk bersama-sama membangun kemajuan kadin provinsi bengkulu.

 

“Itu dinamika organisasi. Wajar saja terjadi. Namun saya menilai itu semua masih dalam kategori wajar. Sayapun akan merangkul mereka, bergandengan tangan untuk membangun kadin provinsi Bengkulu” kata Ferry.

(Zuhri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *